Resep Sambal Ikan Bilis

Leave a Comment
Ok Food - Pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis, ikan dengan bentuk kecil dan warnanya putih ini salah satu ikan yang memiliki dagingnya yang gurih.



Sensasi kelezatan dari masakan ikan memang yang menjadi salah satu pilihan para pecinta kuliner untuk menikmatinya. Selain rasanya yang lezat dan gurih, ikan ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Kandungan ikan tersebut berupa protein yang sangat tinggi, selain itu juga ada beberapa kandungan lainnya berupa kandungan kalsium, kalium, vitamin dll. Namun pernahkah anda mencoba mengkonsumsi ikan air tawar berupa ikan bilis? Ikan bilis ikan yang biasa hidup di rawa-rawa, danau dan juga bahkan di sungai-sungai. Untuk mendapatkan ikan bilis ini juga banyak tersedia di pasar tradisional ataupun di warung-warung dekat dengan anda. Nah, kali ini akan kami coba membuat masakan dengan bahan dasar ikan bilis dengan di campur sambal, yuk kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.


  • 6-8 butir bawang merah
  • 15-20 cabai kering
  • 2-3 sdm minyak
  • 1 butir bawang bombay, rajang tipis
  • 200 gram ikan bilis, rendam di air lalu tiriskan
  • 1 sdt asam jawa, rendam di 1/2 gelas air
  • Garam dan gula secukupnya


  1. Ulek bawang merah dan cabai kering
  2. Lalu tumis dengan api kecil.
  3. Masukkan bawang bombay yang sudah dirajang, masak hingga harum.
  4. Lalu masukkan ikan bilis, aduk rata hingga bumbu meresap.
  5. Masukkan air asam jawa, aduk rata.
  6. Saat sudah mulai agak mengental, tambahkan garam dan gula secukupnya.
Hidangan ikan bilis ini juga beraneka ragam, banyak cara untuk mengolah ikan bilis ini, meskipun ikan bilis bentuknya kecil namun mampu dioah sedemikian rupa, seperti halnya balado ikan bilis, pepes ikan bilis, perkedel ikan bilis dll.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar