Cara Membuat Es Campur

Leave a Comment

Ok Food - Aneka es buah atau es campur bisa menjadi sajian enak. Apa saja bahan campuran yang tidak membosankan? Apakah kita bisa menyajikan es campur yang sehat? Simak info berikut ini.

Hidangan ini dinamakan es campur karena bahan-bahannya bisa dicampur sesuai selera. Bahan-bahan yang bisa dijadikan campuran antara lain adalah aneka buah segar, aneka manisan buah (kolang-kaling, nanas, ceri), dan aneka produk olahan (nata de coco, rumput laut, cincau, pacar china, cendol, tapai ketan, tapai singkong), yang kemudian ditambah aneka sirop buah dan es batu.

Sebagai bahan campuran es, buah segar bukan hanya enak, tetapi juga menyehatkan. Buah segar memberikan asupan serat, vitamin, dan mineral. Jadi, sesuaikan jenis buah berdasarkan rasanya. Padukan buah berasa manis dan asam agar rasanya selalu nikmat. Juga padukan buah dengan warna-warna kontras agar lebih memikat mata. Akan lebih sehat lagi jika kuah es campur menggunakan buah-buahan segar, seperti jeruk, mangga, atau apel.

Umumnya, es campur menggunakan bahan yang dimasak dengan gula atau mengandung gula-misalnya cincau manis, manisan kolang-kaling, nata decoco, aneka jeli, tapai dan aneka manisan buah lainnya-sehingga rasanya manis dan kalorinya cukup tinggi. Akibatnya, es campurpun memberikan rasa kenyang dengan cepat. Jadi, ada baiknya jika anda tidak terlalu banyak menggunakan bahan-bahan ini, cukup 2-3 jenis kemudian campurkan dengan buah segar sehingga rasanya pun menjadi lebih seimbang.

Es campur biasanya menggunakan kuah berupa air matang yang dicampur dengan sirop buah. Jika ingin sedikit berbeda, anda bisa menggunakan jus buah segar sebagai campuran, misalnya jus jeruk, jus jambu, jus leci, atau jus mangga. Selain mengurangi kandungan gula, jus buah juga menjadikan es campur lebih sehat. Namun ingat, jangan membuat kuah es terlalu encer karena nantinya akan ditambahkan es batu. Sebagai alternatif lain, anda dapat pula menggunakan berbagai soda manis sebagai campuran. Tapi, tambahkan air soda sesaat sebelum es campur disajikan agar rasanya agar lebih menggigit.

Untuk memberi sensasi yang berbeda pada es campur, anda bisa menambahkan bahan lain, seperti irisan daun mint, cincangan kacang tanah sangrai, atau biji kacang hijau rebus. Rasa dan tekstur yang berbeda akan menjadikan es campur lebih sensasional.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar